Rabu, 16 April 2014

KOTA

Indonesia adalah salah satu contoh Negara di dunia yang sedang berkembang, semakin lama Indonesia semakin maju. 
Contoh yang menunjukan bahwa Indonesia berkembang adalah dengan adanya modernisasi dan Globalisasi. Modernisasi sendiri adalah suatu proses menuju ke yang lebih baik tetapi identik juga dengan pembangunan yaitu sama-sama membangun masyarakat yang lebih maju atau modern sesuai dengan situasi zaman.


Sekarang kita bicara tentang Kota Jakarta... Sekarang kalau bicara soal kota Jakarta sudah tidak lagi sama jawabannya dengan dulu, kalau dulu di tanya soal kota Jakarta jawabannya selalu kota paling nyaman dan sunyi. Tapi sekarang, kota Jakarta sudah tidak lagi seperti itu, sekarang kota jakarta dikenal sebagai kota yang penuh kemacetan dan sumpek. 

Gambar 1.1 Kota Jakarta tempo dulu dan sekarang


Kota-kota di indonesia terlihat tidak sehat. Stuktur pertumbuhannya cenderung menjadikan ruang terbuka sedangkan pemukiman terus terdesentralisasi dan bergerak menjauh dari pusat kota. Menyebar dan menggeser wilayah pertanian di wilayah pinggiran. Banyak kita jupai sekarang kota Jakarta sudah penuh kemacetan dan pemukiman warga yang kumuh yang tidak layak berada di kota. Proses ini tidak hanya membebani pengelolaan kota namun juga mengorbankan fungsi ekologis lingkungan dan tanah pertanian di wilayah pinggiran dengan segala dampaknya. Terutama dampak dari pemukiman kumuh dan kemacetan.

Gambar 1.2 Pemukiman warga yang kumuh

Gambar 1.3 Kemacetan


Beberapa faktor yang berpengaruh dalam penataan kota adalah:

  1. Sejarah
  2. Ekonomi
  3. Transportasi
  4. Infrastruktur
  5. Kependudukan
  6. Geografi
  7. Lingkungan
  8. Pemerintahan
  9. Pendidikan
  10. Pariwisata
  11. Kebudayaan


Sumber, Rabu 16 April 2014
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Daerah_Khusus_Ibukota_Jakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar