Selasa, 29 April 2014

Hasil Wawancara SeputarPermasalahan yang Ada di Indonesia: Ekonomi dan Pekerjaan

I. Pendahuluan


Pemilihan calon pemimpin baru Republik Indonesia dalam waktu dekat ini akan diadakan, bagaimana tanggapan masyarakat tentang pemimpin yang pantas untuk memimpin negara ini? Saya pun mengadakan wawancara mengenai permasalahan yang ada di Indonesia dengan bagaimana pemimpin yang cocok untuk menyelesaikannya.



II. Permasalahan Ekonomi dan Pekerjaan di Indonesia

Kebutuhan manusia semakin meningkat, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif akibat perkembangan peradaban. Peningkatan kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi sendiri sehingga diperlukan pembagian kerja yang sesuai dengan keahlian masing-masing. Maka itu dibutuhkan perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional yang disebut pertumbuhan ekonomi.

III. Hasil Wawancara

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan dari kami kepada mereka soal permasalahan di atas, antara lain:


1. Bagimana pendapat anda dengan keadaan perekonomian di Indonesia saat ini?
2. Apa penyebab tersendatnya laju perekonomian di Indonesia?
3. Apa dampak dari perekonomian di indonesia yang rendah bagi masyarakat?
4. Upaya apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia?
5. Menurut anda, apa upaya untuk mengurangi angka pegangguran di Indonesia?
6. Bagaimana hubungan antara ekonomi dan pegangguran?
7. Pemimpin  yang seperti apa yang dapat mengatasi masalah ekonomi yang rendah dan peganggutan?
8. Siapa pemimpim yang pantas untuk menjabat di tahun sekarang?


Berikut adalah hasil jawaban dari beberapa narasumber:


  • Nama: Erna
  • Pekerjaan: Wiraswasta

1. Sangat memperihatinkan karena perekonomian di Indonesia tidak stabil yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin.
8. Membingungkan dan rahasia.


2.  Semakin maraknya korupsi di Indonesia.
3.  Semakin banyak orang yang tidak dapat membeli kebutuhan pokok, tidak dapat menyekolahkan anak.
4. Menstabilkan nilai rupiah, meningkatkan lapangan kerja.
5.  Memperbanyak lapangan kerja.
6. Rendahnya perekonomian menyebabkan lapangan kerja yang rendah dan semakin banyak pengangguran.
7. Pemimpin yang tegas, bijaksana, bertanggung jawab.


  • Nama: Shandy
  • Pekerjaan: Mahasiswa


1. Menurut saya, keadaan perekonomian di indonesia sudah lebih baik. Terlihat dari bukti bahwa adanya peningkatan orang berpendapatan lebih atau kaya saat ini di Indonesia. Namun masih banyak sekali orang yang pendapatannya dibawah rata-rata.


2. Lapangan kerja yang tidak merata, kesempatan kerja yang kecil dan tingkat pendidikan yang rendah.
3. Kebutuhannya tidak tercukupi, tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan tidak bisa mendapatkan layanan kesehatan yg optimal
4. Harus meningkatkan mutu pendidikan, pemerataan lapangan kerja, bantuan pemerinah
5. Kalau pengangguran gak bisa mencukupi kebutuhan dan mendapatkan kualitas hidup yang baik. Karna pengangguran dan ekonomi dapat berpengaruh
6. Pemimpin yang mengerti betul tentang ekonomi, yang dapat memotivasi, dan bertanggung jawab dalam perekonomian indonesia.
7.Menurut saya Gita Wirjawan. Karna beliau berkompeten dalam bidang ekonomi.



  • Nama: Yulius Parinding
  • Pekerjaan: Pegawai Swasta




Minimnya perekonomian global di dunia yang tidak banyak mempengaruhi ekonomi IndonesiaDaya saing barang eksport negara kita tidak maju dibandingkan dengan negara-negara lain seperti China, Jepang dan lainnyaRegulasi atau peraturan dari Pemerintah yang tumpang tindih atau terlalu berbelat-belit.- SDM atau Sumber daya manusia yang belum memadai Pendapatan per-kapita masyarakat rendah, sehingga kemampuan untuk membeli kebutuhan sehari-hari belum mencukupi. Mengundang sebanyak mungkin investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia.- Pemerintah harus banyak mendorong ekspor barang dan jasa ke luar negri.- Pengusaha harus banyak membuka lapangan pekerjaan.- Meningkatkan mutu pendidikan.Dibukanya program pelatihan ketenagakerjaanJika ekonomi meningkat dan kebutuhan masyarakat tercukupi atau tersedia, maka dengan otomatis pengangguran berkurang.- Singkat saja, Indonesia ini perlu pemimpin yang bijaksana dan yang dapat membasmi bersih Korupsi.

  • Nama: Reddi Rahmadilaga
  • Pekerjaan: Mahasiswa


1. Kedaan Ekonomi Indonesia menurut saya saat ini hanya terlihat baik di luarnya. Sedangkan dibaliknya terdapat banyak kerapuhan yang jika tidak segera diperbaiki bisa meruntuhkan sistem ekonomi.
2. Tidak teraturnya sistem ekonomi. Semua orang ingin memonopli. 
3. Dampak ekonomi yang rendah adalah tidak meratanya kesejahteraan. Di satu sisi rakyat kaya raya, di satu sisi rakyat melarat.
4. Membuka lapangan pekerjaan padat karya yang dapat menyedot banyak tenaga kerja.
5. Hubungannya sangat erat karena banyaknya pengangguran membuat laju ekonmi tidak berbanding lurus dengan kebutuhan masyarakat yang selalu tumbuh.
6. Pemimpin yang tegas dan bertanggungjawab dalam menjalankan program-programnya.
7. Joko Widodo


IV. Kesimpulan

Permasalahan di Indonesia terkait ekonomi dan pekerjaan memang cukup rumit. Hal tersebut diakui banyak rakyatnya. Oleh karena itu kita butuh pemimpin yang baik. Menurut hasil wawancara mereka adalah Joko Widodo dan Gita Wirjawan untuk memimpin negara ini.

1 komentar:

  1. ditulis dengan sangat baik. mendalami masalah petekonomian dan pekerjaan di indonesia. saya jadi mengetahui pandangan masyarakat mengenai pemimpin ideal mereka. nilai 80

    BalasHapus